Sunday, June 23, 2019

Membuat Scanner Zxing QR Code dan Pencarian Data pada Fragment dan Activity

Daftar Isi Pelajaran ....

Sahabat ASIC kita dapat mengitegrasikan scanner library Zxing untuk membuat scanner QR Code dan melakukan pencarian data marka ke server melalui object JSON volley dan menampilkan hasilnya.  Secara default Zxing menggunakan model scanner horisontal seperti pada fragment.  Kita akan membuat scanner berbentuk potrait pada sebuah activity.



Pada latihan ini kita akan menggimplementasikan onClickListener untuk mengaktifkan klick button scanner dan pencarian data.  Pengkodean java untuk mengaktifkan Zxing scanner di activity dan di fragment memiliki sedikit perbedaan.  Ditambahkan juga pengkodean PHP untuk membuat  QR Code dari data marka yang ada di database dalam bentuk data JSON (id_rec dan nama_marka). QR Code tersebut akan discan oleh aplikasi untuk ditampilkan data key nya dan dilakukan pencarian data yang lain.

Untuk kemudahan sebaiknya file APK yang sudah dibuilt di PC diupload ke Google Drive dan dodownload ke Gadget Google Drive dan diinstall.  PC dapat membuat QR Code melalui browser dan discan untuk mengakses REST Webservice PHP dalam database di alamat hosting tertentu.  Selamat mencoba sahabat ASIC.

Petunjuk Penggunaan : Penggunaan.pdf
Aplikasi Android : MyApplication.zip
Aplikasi dan Webservice PHP : Webservice.zip
Struktur dan Data Database : Database.zip

Link :
  1. Raj Deol, Adroid Barcode Scanner and Camera Flash
  2. Zxing OnActivityResult not call in fragment only in activity

No comments:

Post a Comment