Monday, May 20, 2019

Compiler Android Studio baru dan akses data JSON Volley metode POST di Server PHP

Daftar Isi Pelajaran ...

Teman teman ASIC setelah libur sekian lama kita jumpa lagi dalam serial Android Studio. Dalam tulisan kali ini selain membahas compiler baru Android Studio baru yang lebih cepat juga akan dibahas mengenai pemrograman data JSON dengan Volley yang memanfaatkan file PHP di web servernya dengan metode POST.  Kenapa hal ini perlu dibahas? Karena banyak temen temen yang membutuhkan akses data volley dengan parameter tertentu yang dikirimkan ke server PHP yang mengembalikan data JSON ke android untuk dilanjutkan dengan kode tertentu.  Karena menggunakan data JSON perlu penambahan sedikit kode di server PHP nya.

Untuk alasan kecepatan dan memanjakan pengguna Google menerbitkan Android Studio 3.1 dengan D8  sebagai Dex compiler default nya. Jadi jika ingin lebih ringan baik ketika start maupun menjalankan Android Virtual Device (AVD) segera download Android Studio baru dengan berbagai fitur yang dapat di baca di link dibawah.  Android studio juga memisahkan untuk compile APK dengan menjalankannya di AVD.  Jadi untuk membuat APK disediakan akses sendiri di menu Build-Build APK.  Jadi ketika kita menjalankan program tidak otomatis dibuatkan APK di folder outputnya.



Dalam pelajaran ini kita akan membuat tiga buah activity yaitu LoginActivity, MainActivity dan Main2Activity.  Ketika login kita akan menggunakan data json yang memiliki parameter untuk mengirimkan email dan password dengan metode POST.  Server PHP data json akan mengembalikan nilai pengecekan sukses (ada data email dan benar pasangan email dan passwordnya) atau salah.  Selain itu server juga akan mengembalikan nilai role yang akan menentukan aplikasi android melalui intent tertentu mengakses Admin (MainActivity) atau User (Main2Activity) untuk ditampilkan.  Selamat mencoba sahabat ASIC.

Link Compiler Google :
  1. Google rilis Android Studio dengan compiler baru
  2. Android Studio 3.1 Developer Blog
  3. What's New in Android Studio 3.1
Petunjuk Penggunaan : Buku_Petunjuk.pdf
Aplikasi Android : Aplikasi_Android.zip
WebService PHP JSON : Web_JSON_PHP.zip
Database Blog : Structure_Data_Database.zip


No comments:

Post a Comment